Brada n Sista pecinta motor, ini dia yang ditunggu-tunggu, postingan pertamaku tentang fenomena motor di tanah air. Bukan motor orang yang akan gue bahas kali ini tapi motor kesayangan gue sendiri. hehe
ASTREA IMPRESSA keluaran HONDA yang dibeli keluargaku sekitar tahun 1999 ini sampai sekarang masih gue rawat biarpun akhir-akhir ini jarang banget gue pake, lagi sibuk ama kegiatan kampus yang cukup padet, tugas yang kelar satu muncul lagi dah kaya jamur aja hha tapi seru. Terakhir gue pake ini motor kesayangan pas acara anniversary WONOGIRI MOTOR CEPER pas libur UTS sem 1 kemaren. mmmm langsung aja kali ya kite bahas ni motor.
Sejak 3 tahun yang lalu gue masuk didunia ceper dan ini motor terpaksa gue ceperin soalnya gak ada motor lain. hha jujur banget & nekat banget pastinya. Bermula dari proses penipisan jok, pemotongan-pemotongan chassis dilakukan agar bentuk motor yang gue pingin didapet. Optimis dan yakin namun tetap mengedepankan ukuran-ukuran yang presisi agar sebisa mungkin kenyamanan saat berkendara tetep kita rasain. Apalagi ini motor kagak cuma buat jarak pendek, karna acara anak ceper selalu dan selalu ada di berbagai belahan kepulauan Indonesia. Ada duit motor siap, BRANGKAAAAAAAAT mamen.....
Ini ni bentuk dan tampilan motor gue pas baru keluar dari dealer.\
Keren kan mas boy?? hha ya beginilah mayoritas orang Indonesia, gak puas dengan karya orang jepang. Bukan sesuatu hal yang buruk karna inilah yang disebut 'kreatifitas'. Nah setelah jok gue tipisin, itu motor gue bawa ke bengkel spesialis ceper, baru denger ya? ada lho mas boy, dia sebenernya bengkel motor biasa (umum) hanya saja mau melayani modifikasi motor ceper. Berhubung waktu itu belum banyak kegiatan, gue ikut bantu ngerjain ini motor. Sedikit tekuk chassis agar bentuknya agak nonggeng soalnya ini motor bentuknya flat banget, Kurang enak dilihat. Setelah itu potong dan bersihkan plat-plat chassis yang di area 'aki' soalnya nantinya itu area bakal diisi dengan roda belakang. Selain itu agar roda belakang 'nyelup' (istilah anak ceper), tanki bensin kita coak bagian bawahnya nyesuain bentuk roda dan posisi roda. HARUS RAPET LHO nyoaknya, gak mau lah bensin kita habis di jalan gara-gara bocor di tankinya. Agar roda belakang makin maju, dudukan mesin ditambahin plat kedepan dan di las listrik biar kuat soalnya ini bagian rawan retak. Karena posisi mesin ntar bakal makin kedepan, otomatis kita harus merubah posisi roda depan agar tidak bersentuhan dengan silinder cop. Akan gue jelasin setelah ini..
Setelah chassis beres hingga proses pendempulan dan finishing/ pengecatan, baru deh ke kaki-kaki. Untuk shok absorber depan gue cuma potong bottom ama tabung shok nya dan buang per shoknya. Diberi sedikit minyak shok dan tekuk sedikit bottomnya. Efek dari penekukan bottom yang berlebihan adalah pada steering nantinya. BAHAYA !!! STANG GOYANG banget ! Untung saja motor gue ini kaga kena efeknya, stang masih stabil dan enggak goyang. Dalam dunia ceper penekukan ini disebut "gecol". Kemudian untuk shok belakang gue pake anting-anting/dudukan shok doang. Digabung pake baut 12 yang dipotong kepalanya. Tinggi dudukan yang dipake nyesuain posisi roda belakang. Untuk bagian pengereman depan gue pake tromol ninja dengan kaliper brembo 4 piston dan belakang disk standar kaliper juga standar. Velg TDR 180" dibalut dengan ban merk commet 2.25 depan belakang kian memperindah bentuk motor dan mengurangi getaran jalan akibat nggak adanya shok absorber lagi di motor ini. Dulunya sih gue pake ban 2.00 tapi keras banget. Ganti deh yang agak gedean..biar tetep enak. hehe
Karena ini motor bakal maprak alias 'keser-keser' untuk handle rem belakang gue pindah ke stang kiri ala matic gitu. Soalnya kalau masih pake tuas yang di kaki dia akan boros tuas, kegasruk aspal mas boy.
Perubahan body cuma bagian batok kepala diganti dengan batok astrea Legenda yang lebih oke bentuknya. Untuk pemanis dan biar kelihatan lebih elegant, main chroom di blok mesin ama dudukan footstep. Untuk warna body, item 'cling' dengan sedikit tembakan brush ungu di beberapa sudut agar warna tidak monoton.
Ini dia tampilan ASTREA IMPRESSA gue mas boy setelah sedikit di permak..hehe
Hmmmm....aneh kan? haha
Gue bingungnya besok bulan juni kan ganti plat nomer tuh, nah bawanya ke Samsat gimane ya? Disitu kan isinya Bapak-bapak berseragam coklat semua. Nomer rangka juga ilang atu huruf. Hadew ...Tapi gue ada cara lain mas boy, tunggu saja tanggal maennya. hehe
Semoga cerita tentang si item-ungu ini sedikit jadi wawasan betapa kreatifnya generasi-generasi muda Indonesia. Masih banyak banget motor-motor ceper diluar sana yang jauuh lebih bagus dari ini. Gasss PooooooLL ......
SALAM BIKERS,
(tembi)
ASTREA IMPRESSA keluaran HONDA yang dibeli keluargaku sekitar tahun 1999 ini sampai sekarang masih gue rawat biarpun akhir-akhir ini jarang banget gue pake, lagi sibuk ama kegiatan kampus yang cukup padet, tugas yang kelar satu muncul lagi dah kaya jamur aja hha tapi seru. Terakhir gue pake ini motor kesayangan pas acara anniversary WONOGIRI MOTOR CEPER pas libur UTS sem 1 kemaren. mmmm langsung aja kali ya kite bahas ni motor.
Sejak 3 tahun yang lalu gue masuk didunia ceper dan ini motor terpaksa gue ceperin soalnya gak ada motor lain. hha jujur banget & nekat banget pastinya. Bermula dari proses penipisan jok, pemotongan-pemotongan chassis dilakukan agar bentuk motor yang gue pingin didapet. Optimis dan yakin namun tetap mengedepankan ukuran-ukuran yang presisi agar sebisa mungkin kenyamanan saat berkendara tetep kita rasain. Apalagi ini motor kagak cuma buat jarak pendek, karna acara anak ceper selalu dan selalu ada di berbagai belahan kepulauan Indonesia. Ada duit motor siap, BRANGKAAAAAAAAT mamen.....
Ini ni bentuk dan tampilan motor gue pas baru keluar dari dealer.\
Keren kan mas boy?? hha ya beginilah mayoritas orang Indonesia, gak puas dengan karya orang jepang. Bukan sesuatu hal yang buruk karna inilah yang disebut 'kreatifitas'. Nah setelah jok gue tipisin, itu motor gue bawa ke bengkel spesialis ceper, baru denger ya? ada lho mas boy, dia sebenernya bengkel motor biasa (umum) hanya saja mau melayani modifikasi motor ceper. Berhubung waktu itu belum banyak kegiatan, gue ikut bantu ngerjain ini motor. Sedikit tekuk chassis agar bentuknya agak nonggeng soalnya ini motor bentuknya flat banget, Kurang enak dilihat. Setelah itu potong dan bersihkan plat-plat chassis yang di area 'aki' soalnya nantinya itu area bakal diisi dengan roda belakang. Selain itu agar roda belakang 'nyelup' (istilah anak ceper), tanki bensin kita coak bagian bawahnya nyesuain bentuk roda dan posisi roda. HARUS RAPET LHO nyoaknya, gak mau lah bensin kita habis di jalan gara-gara bocor di tankinya. Agar roda belakang makin maju, dudukan mesin ditambahin plat kedepan dan di las listrik biar kuat soalnya ini bagian rawan retak. Karena posisi mesin ntar bakal makin kedepan, otomatis kita harus merubah posisi roda depan agar tidak bersentuhan dengan silinder cop. Akan gue jelasin setelah ini..
Setelah chassis beres hingga proses pendempulan dan finishing/ pengecatan, baru deh ke kaki-kaki. Untuk shok absorber depan gue cuma potong bottom ama tabung shok nya dan buang per shoknya. Diberi sedikit minyak shok dan tekuk sedikit bottomnya. Efek dari penekukan bottom yang berlebihan adalah pada steering nantinya. BAHAYA !!! STANG GOYANG banget ! Untung saja motor gue ini kaga kena efeknya, stang masih stabil dan enggak goyang. Dalam dunia ceper penekukan ini disebut "gecol". Kemudian untuk shok belakang gue pake anting-anting/dudukan shok doang. Digabung pake baut 12 yang dipotong kepalanya. Tinggi dudukan yang dipake nyesuain posisi roda belakang. Untuk bagian pengereman depan gue pake tromol ninja dengan kaliper brembo 4 piston dan belakang disk standar kaliper juga standar. Velg TDR 180" dibalut dengan ban merk commet 2.25 depan belakang kian memperindah bentuk motor dan mengurangi getaran jalan akibat nggak adanya shok absorber lagi di motor ini. Dulunya sih gue pake ban 2.00 tapi keras banget. Ganti deh yang agak gedean..biar tetep enak. hehe
Karena ini motor bakal maprak alias 'keser-keser' untuk handle rem belakang gue pindah ke stang kiri ala matic gitu. Soalnya kalau masih pake tuas yang di kaki dia akan boros tuas, kegasruk aspal mas boy.
Perubahan body cuma bagian batok kepala diganti dengan batok astrea Legenda yang lebih oke bentuknya. Untuk pemanis dan biar kelihatan lebih elegant, main chroom di blok mesin ama dudukan footstep. Untuk warna body, item 'cling' dengan sedikit tembakan brush ungu di beberapa sudut agar warna tidak monoton.
Ini dia tampilan ASTREA IMPRESSA gue mas boy setelah sedikit di permak..hehe
Hmmmm....aneh kan? haha
Gue bingungnya besok bulan juni kan ganti plat nomer tuh, nah bawanya ke Samsat gimane ya? Disitu kan isinya Bapak-bapak berseragam coklat semua. Nomer rangka juga ilang atu huruf. Hadew ...Tapi gue ada cara lain mas boy, tunggu saja tanggal maennya. hehe
Semoga cerita tentang si item-ungu ini sedikit jadi wawasan betapa kreatifnya generasi-generasi muda Indonesia. Masih banyak banget motor-motor ceper diluar sana yang jauuh lebih bagus dari ini. Gasss PooooooLL ......
SALAM BIKERS,
(tembi)